Cara Membuat Website/Blog Dengan Hosting Domainesia

Kapankah anda terjun ke dunia blogging? Kalau saya sih pertama kali ngeblog itu tahun 2007 ketika awal masuk sekolah menengah kejuruan. Kebetulan waktu itu saya masuk jurusan TKJ yang dimana saat itu ada tugas membuat blog. Blog pertama kali yang saya buat adalah dari salah satu penyedia blog gratis, tentunya saat itu saya masih belum faham betul dengan yang namanya ngeblog. Namun seiring waktu saya mulai mengenal blog sampai dengan menghasilkan uang dari blog itu sendiri. Penasaran kan bagaimana cerita saya dalam membangun blog dari awal sampai dengan menghasilkan uang? simak saja cerita saya dibawah ini:

Instan Demplon

Saya mulai tertarik ngeblog ketika salah satu teman saya mengulik tampilan blog menjadi tampilan yang sangat keren sekali, disitulah saya mulai asyik menggeluti dunia blogging. Sembari mengutak atik tampilan blog saya sesekali membuat artikel dari situs berita yang menyajikan artikel teknologi. Saya sama sekali tidak menyadari jika membuat blog itu ternyata bisa menghasilkan uang atau passive income, sampai saya masuk perkuliahan tahun 2010. Tepat awal tahun 2011 saya sendiri mulai dikenalkan dengan bisnis online yang saat ini banyak digandrungi oleh kaula muda. Yupz, menjadi seorang penerbit iklan dari sebuah perusahaan raksasa california yakni Google. Apakah anda tahu cara membuat blog? Kalau belum tahu anda bisa memulai tahapannya dengan membaca cara membuat website sendiri.


Saya mulai mahir ngeblog itu sekitar tahun 2013, yang dimana saat itu saya membeli sebuah domain dari salah satu penyedia hosting dan domain terfavorit saya yakni “DomaiNesia”. Saat itu saya hanya bisa menerapkan di salah satu platform gratisan saja dan belum memiliki hosting sendiri. Ketika tahun 2014 saya terpaksa menjual blog pribadi beserta domainnya karena butuh biaya darurat untuk menyelesaikan studi saya di perkuliahan. Saya sendiri sempat berhenti dari dunia ngeblog sampai penghujung tahun 2015. Nah pada bulan november 2015 saya kembali aktif ngeblog dengan membeli lagi domain di DomaiNesia. Pertanyaannya, kenapa sih beli domain harus di DomaiNesia? Jawabannya karena domain di DomaiNesia itu murah loh. Ditambah dengan tim support atau dukungan pelanggan yang ramah dan cepat, jadi jika ada kendala tinggal chatting saja dengan tim supportnya.

Pertama kali saya berlangganan hosting di DomaiNesia itu saat bulan Maret 2017, saya memberanikan diri untuk menggunakan “wordpress self hosting” atau dikenal dengan sebutan hosting sendiri. Saya sendiri masih pemula dalam menggunakan wordpress, beruntung saya sempat bertanya ke tim support DomaiNesia dalam memilih kebutuhan hosting yang akan saya pesan. Akhirnya saya memesan paket hosting super, karena memang paket tersebut merupakan paket rekomendasi untuk pemula dengan tambahan gratis domain. Ohya, sebagai informasi saja gratis domain pada setiap pemesanan hosting di DomaiNesia hanya berlaku pada beberapa domain seperti .com, .info, .net, .us, .org, co.id, web.id, my.id. Namun karena domain yang saya pesan adalah .id maka ada tambahan lagi biaya. Berikut penampakan pemesanan saya :

DomaiNesia sendiri memiliki fitur spesial yakni “Instant Deploy” dengan fitur ini anda bisa dengan mudah menginstal aplikasi web secara instan. Misalnya saja anda ingin membuat toko online, atau web portofolio atau forum, anda bisa bisa dengan mudah dengan hanya sekali klik. Setelah beberapa bulan menggunakan hosting di DomaiNesia akhirnya saya melakukan upgrade hosting dari Super ke Monster. Satu hal yang menarik dari Upgrade hosting ini adalah saya tidak perlu lagi memindahkan data website saya ke hosting baru, karena sudah otomatis. Keren kan ! Berikut detail pesanan saya :

Fitur Upgrade/Downgrade Hosting
Fitur Upgrade/Downgrade Hosting
Invoice Upgrade Hosting DomaiNesia

Perlu diketahui bahwa kelebihan ngeblog dengan hosting sendiri itu kita bisa menggunakan plugin yang tidak ada pada platform blog gratisan. Kalo biasanya anda mengetik atau membuat skrip dalam menambahkan fitur baru pada blog, tapi dengan plugin anda tidak perlu lagi khawatir soal mengetik skrip. kelebihan lainnya yakni tentu saja anda terlihat lebih “Profesional” menggunakan hosting sendiri alias tidak gratisan. Anda bisa membuat website portofolio sendiri dengan tampilan web yang keren dan dinamis.

KALO ANDA TERTARIK MEMBUAT BLOG BARU BER-PLATFORM WORDPRESS, ANDA BISA MENGKLIK GAMBAR DIBAWAH INI.
web hosting indonesia

Nah bagi anda yang tertarik banget untuk memulai membuat website sendiri, saya sarankan serahkan saja semuanya pada DomaiNesia, karena di DomaiNesia ada hosting domain murah loh. Langsung saja cek gambar dibawah ini :

Inilah tampilan situs DomaiNesia, tinggal ketik aja url/alamat blog yang anda inginkan

Domainesia
Halaman depan DomaiNesia

Contohnya seperti dibawah ini, lingkaran yang berwarna hijau di sebelah kiri menandakan domain anda belum di daftarkan. Agar lebih hemat langsung saja pesan paket hemat.  Kalo anda masih ragu dalam memilih hosting beserta istilah istilah lainnya, baca saja dulu: Hosting untuk pemulaKalo sudah faham langsung saja klik pesan paket hemat.

Cara pesan hosting DomaiNesia

Setelah itu akan muncul detail pemesanan anda. Kalau anda memang pemula banget, anda juga bisa kok mengganti paket hostingnya dengan Extra atau Lite. Nah untuk lokasi Server sebaiknya pilih Singapore saja (untuk pengunjung wilayah Asia), kecuali kalo anda ingin mendatangkan pengunjung dari negeri paman Sam anda bisa memilih Dallas US sebagai lokasi Servernya. Jika dirasa sudah cukup tinggal masukkan email anda lalu klik masukkan trol.

Rincian pesanan hosting DomaiNesia

Nah kalo tahap selanjutnya mungkin anda tinggal baca saja Panduan membuat website untuk pemula dari DomaiNesia

Oh ya paket hosting lainnya juga ada yakni paket hosting bisnis. Paket ini sendiri memiliki rincian spesifikasi yang jauh dibandingkan paket hosting pemula. Tentunya dengan resource yang cukup tinggi dalam memaksimalkan indeks konten anda pada mesin pencari. Saya sendiri tertarik dengan paket bisnis mikro, Berikut penampakannya :

Paket hosting Bisnis diperuntukan untuk pebisnis dan blogger menengah keatas

Atau jika anda tengah menggeluti dunia AGK (Auto Generated Keyword) tidak ada salahnya mencoba paket VPS yang disediakan oleh DomaiNesia. VPS singkatannya Virtual private server maksudnya adalah layanan hosting milik anda sendiri tanpa dibagi dengan user lain. Dengan biaya bulanan yang kompetitif tentunya dengan resource yang jauh lebih besar ketimbang paket hosting bisnis, paket VPS dari DomaiNesia bisa dijadikan pilihan anda dalam bermain AGK. Berikut rincian harganya :

Paket hosting dengan Resource yang lebih maksimal

Sampai saat ini saya belum mengalami kendala terkait layanan dari DomaiNesia dan saya rasa cukup disini saja cerita sayaJangan ragu untuk bertanya ke tim support karena malu bertanya sesat di jalan. Itulah cerita saya awal ngeblog dari Admin Jurnalharga.id, Apa Ceritamu ?? 🙂